Gendoy, Dianggap Kampungan Termashur di Luaran

Gendoy Dianggap Kampungan Termashur di Luaran
Anda mungkin bertanya-tanya tentang apa itu gendoy. Namun bagi penduduk desa kami gendoy itu sudah tak asing lagi. Dia adalah buah kesemek (persimmon) yang sudah matang di pohonnya tanpa harus melalui proses perendaman dengan air kapur. Sementara yang belum matang biasanya melalui proses perendaman beberapa hari, baru bisa dinikmati. Itupun harus dibersihkan dulu sisa-sisa apu (kapur) yang menempel di permukaan buah ini. Dan walalupun sudah dibersihkan, tetap saja ada warna putih yang membandel. Sehingga buah ini nampak manja bersolek bedak. Maka sering juga dikatakan sebagai apel ganjen.

Berawal dari sebuah percakapan dalam kumpulan majelis tahlilan. Banyak yang mengatakan kalau buah kesemek itu tak ada manfaatnya. Faktanya, harganya murah-meriah, terus tak ada hasrat dari masyarakat untuk membudidayakan kembali tanaman khas desa kami ini. Dan sepertinya belum ada upaya kreatif dari generasi muda untuk mencoba membuat olahan dari buah kesemek ini. Namun sambil mengikuti jalannya obrolan di majelis tersebut, iseng-iseng saya lakukan riset kecil-kecilan dengan cara searching google ihwal manfaat buah kesemek. 

Dan ternyata hampir semua orang tak percaya dengan penjelasan saya bahwa buah kesemek itu mengandung banyak manfaat. Diantara manfaat buah kesemek sebagaimana dikutip dari https://tanamanmart.com/kesemek/ sebagai berikut:

  1. Sumber Phytochemicals. Buah ini ternyata mampu mencegah inflamasi dan infeksi berbahaya. Hal tersebut dikarenakan buah ini banyak mengandung Phytochemicals yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi dan anti-infektif yang baik.
  2. Anti-Haemorrhoid Alami. Buah kesemek diketahui memiliki sifat anti-hemoragik yang mampu mengatasi penyakit ambeien atau wasir, Tidak heran jika buah ini telah digunakan dalam mengendalikan pendarahan yang berlebihan pada luka sejak zaman dahulu.
  3. Baik Untuk Penderita Diabetes. Bagi penderita diabetes, pasti sering merasa cepat lapar, sehingga buah ini dapat dijadikan sebagai alternatif kudapan untuk menunda lapar. Hal tersebut dikarenakan kandungan seratnya sangat banyak  dan juga dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.
  4. Bagus Untuk Hipertensi. Kandungan sodium yang tinggi dalam makanan dapat memicu timbulnya hipertensi atau darah tinggi. Buah kesemek memiliki 1 mg atau 0% sodium di dalamnya. Itulah sebabnya mengapa buah yang satu ini baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi.
  5. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh. Buah kesemek memiliki kandungan vitamin C yang banyak baik, yaitu sekitar 7,5 mg. Apabila dikonsumsi secara teratur, maka manfaat buahnya dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, buah ini bertindak sebagai perisai terhadap flu, infeksi paru-paru, dan asma.
  6. Menyehatkan Sistem Pencernaan. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa makanan yang mengandung serat tinggi sangat baik bagi sistem pencernaan. Begitu juga dengan buah kesemek yang memiliki serat sebesar 3,6 gram, maka dengan mengonsumsi buah ini secara teratur dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, di dalam buah persimon juga mengandung tanin yang mampu mengatasi diare. Oleh karena itu, buah ini sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan.
  7. Membantu Melawan Kanker. Kandungan zat antioksidannya yang tinggi membuat buah ini dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan memicu penyakit kanker. Tidak hanya itu, buah ini juga mampu melawan penyakit kanker karena memiliki banyak kandungan vitamin A.
  8. Meningkatkan dan Memperbaiki Penglihatan. Manfaat lain dari buah yang unik ini yaitu meningkatkan dan memperbaiki penglihatan. Hal tersebut dikarenakan di dalam buah persimon banyak mengandung vitamin A atau sekitar 81 IU per 100 gram. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah gangguan penglihatan, segera mengonsumsi buah kesemek agar terhindar dari masalah tersebut.
  9. Membantu Menurunkan Berat Badan. Buah persimon ternyata hanya memiliki lemak total sebesar 0,19 gram, itu berarti bahwa buah ini hampir tidak megandung lemak di dalamnya. itulah sebabnya mengapa buah ini dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, buah ini juga dapat dijadikan sebagai camilan sehat yang tidak membuat gemuk.
"Oh...." Itulah kalimat yang keluar dari mereka setelah mengetahui begitu banyak manfaat buah kesemek. Jadi, kadang sesuatu yang terlihat sepele, murah, diremehkan hakikatnya memiliki manfaat yang banyak. Sedangkan sebaliknya yang dianggap wah, mahal, berkelas belum tentu bermanfaat. Justru bisa saja menjadi sumber penyakit. 

Oleh karena itu, kita harus lebih percaya diri dengan produk buah lokal yang kaya manfaat separti kesemek ini. Caranya harus kita gali manfaatnya terlebih dahulu. Kemudian diujicobakan untuk membuat varian produk olahannya agar lebih menarik dan berdaya jual tinggi. Jangan salah, buah kesemek ini dianggap kampungan oleh kita, namun di luar negeri itu dicari-cari karena mereka sudah memahami kandungan gizi dan manfaatnya.

Dan ternyata untuk wilayah Jawa Barat, Kuningan adalah sentra kesemek. Untuk Kuningan sendiri salah satunya, mungkin satu-satunya desa penghasil kesemek adalah Sagarahiang. Bukan orang Sagarahiang kalau tidak faham dengan gendoy lenoy.
Previous
Next Post »