Lepaskan Ikatanmu dan Bergeraklah!

Lepaskan Ikatanmu dan Bergeraklah
Mungkin Anda juga masih ingat dengan celoteh seperti ini, "Ngopi ngapa ngopi, diem-diem bae...". Ya, ngopi bisa membuat kita cerdas asalkan kopi asli tanpa gula. Kalau kopi dicampur gula dan lainnya, maka kopi akan berkurang khasiatnya. Pada zaman dahulu para kiyai suka mendawamkan minum kopi di sela-sela mengajari para santrinya. Memang dengan minum kopi ini konsentrasi menjadi lebih kuat. Fokus semakin bagus. Maka ngopi dulu agar cerdas. Namun mengapa saat belajar masih juga ngantuk padahal sudah ngopi?

Ada banyak faktor yang membuat orang mengantuk. Bisa karena kecapaian, kurang asupan oksigen, dan kurang tidur. Namun ada juga faktor lainnya diantaranya ada ritual islami yang terlewatkan. Apa yang dimaksud ritual islami yang terlewatkan? Sebenarnya ini hal sederhana saja, tapi kita sering mengabaikannya bahkan melupakannya. Diantaranya kebiasaan kita begitu bangun tidur. Sebagai seorang muslim kita memiliki tuntunan yang sangat bagus mengenai aktivitas pertama kali yang harus kita lakukan begitu bangun tidur.

Dalam sebuah hadis, Baginda Rasulullah Saw bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللَّه صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ، يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ. فَإِنْ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ. رواه البخاري


“Dari Abu Hurairah رضيَ اللَّه عنهُ : Bahwa Rasulullah ﷺ bersabda yang maksudnya : Setan mengikat tiga tali ikatan di atas tengkuk kepala seseorang dari kalian saat dia tidur, setan mengencangkan ikatan tersebut (sambil berkata): Malam masih panjang maka tidurlah. Jika dia bangun dan mengingat Allah maka lepaslah satu tali ikatan. Jika kemudian dia berwudhu maka lepaslah tali yang kedua, dan jika ia mendirikan shalat lepaslah satu tali ikatan, dan pada pagi harinya ia akan merasakan semangat dan jiwa yang tentram. Namun bila dia tidak melakukan  itu, maka pagi itu jiwanya tidak tentram dan ia merasa malas.”

Berdasarkan hadis tersebut, seorang muslim memiliki tuntunan islami yang mesti dia lakukan begitu terbangun dari tidur, yaitu:

  1. Setelah bangun tidur hendaknya kita langsung berdzikir mengingat Allah swt diawali dengan do'a bangun tidur;
  2. Aktivitas selanjutnya langsung bersuci dengan berwudhu, dan;
  3. Melaksanakan shalat sunnah
Begitulah seharusnya aktivitas seorang muslim ketika bangun tidur. Jadi jika kebiasaan kita bangun langsung nonton televisi, langsung buka facebook, baca pesan whatsapp dan aktivitas lainnya, yuk mulai sekarang kita ubah. "Bongkar kebiasaan lama", kalau kata Bang Iwan Fals. Dari kebiasaan yang biasa menjadi kebisaan luar biasa sesuai tuntunan Rasulullah Saw. sehingga disiang hari kita akan lebih semangat lagi. 

Para pelajar tidak akan ngantukan saat belajar karena ikatan syetan yang membelenggunya saat tidur sudah terlepas dengan tiga tuntunan di atas. Para pegawai lebih semangat lagi dalam bekerja karena dia sudah terbebas dari ikatan syetan semalaman. Siapa pun juga akan lebih sehat dan produktif apabila tuntunan Rasulullah itu dilakukannya. Apalagi kalau tuntunan-tuntunan lainnya selain 3 langkah di atas pun dijalani seperti tilawah al-Qur'an, zikir, shalat malam, shaum sunnah dan sebagainya. Melaksanakan rutinitas ritual seperti itu tidak ada ruginya, yang jelas justru sangat menguntungkan untuk jiwa dan raga kita.

Mumpung masih bulan Syawwal, artinya semangat ibadah bulan ramadhan masih hangat dalam diri kita, mari kita dawamkan hal yang sederhana ini. Karena syawal artinya naik, maksudnya harus ada peningkataan. Baik peningkatan dalam bentuk ibadah maupun peningkatan dalam amaliyah lainya. Lepaskan ikatan syetan, dan bergeraklah untuk beribadah dan berkarya. Mudah-mudahana bermanfaat. Amin.
Previous
Next Post »