Inilah Cara Membuat Soal Online di Google Drive Paling Lengkap

Inilah Cara Membuat Soal Online di Google Drive Paling Lengkap
Anda seorang guru, dosen, ustadz atau siapa pun Anda yang menyukai dunia pendidikan. Tentu anda pun menyadari bahwa saat ini dunia bergulir begitu cepat. Masa berganti begitu mengejutkan. Tahu-tahu sudah zaman digital. Orang menyebutkan zaman now. Dalam pandangan teori positivistik berjalannya waktu itu linier (lempeng) terus kaya jalan tol. Maju terus pantang mundur. Entah sampai di mana ujungnya. Padahal orang beriman mah sudah haqqul yakin ujungnya adalah kiyamat. hehehe.

Masyarakat sekarang sudah disebut masyarakat informasional. Karena pengetahuan atau informasi sudah tersebar di mana-mana dari ujung pusat kota hingga ujung kampung terjauh pun begitu mudah orang mendapatkan informasi. Hal ini karena faktor perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Lebih-lebih hari ini di mana internet sudah menyebar merayap ke mana-mana.

Kalau dulu orang mendapatkan informasi hanya bersifat audio berupa radio. Kemudian berkembang menjadi audio visual, buktinya televisi. Nah sekarang ini informasi sudah bersifat interaktif digital dan bisa di bawa ke mana-mana tanpa harus nongkrongin di rumah. Saat ini siapa sih yang tidak mengenal smartphone? anak SD saja gayanya bahwa HP ke mana-mana. Entah seperti apa kemajuan di masa depan, saya belum bisa memprediksi. Mungkin anda sudah bisa membayangkannya?

Bagaikan gelombang tsunami, terjangannnya begitu cepat dan menyapa setiap yang ada. Bidang apa pun mau tak mau harus terjamah dengan digitalisasi. Termasuk di dalamnya dunia pendidikan pun ikut terpengaruh dengan uforia era digital. Merambah, merayap mengalir dari hulu ke hilir. Digitalisasi.

Guru sebagai ujung tombak dalam perjuangan pendidikan untuk peradaban mengemban peran yang sangat vital. Terlebih saat ini peserta didik sebagai masyarakat pendidikan yang harus mendapatkan pelayanan prima dari para gurunya adalah termasuk masyarakat informasional. Bahkan mereka ini ada generasi millenaial yang disebut digital native, yang sudah mengenal dunia digital bukan hanya saat dewasa tetapi sejak mereka dilahirkan pun dunia digital sudah mengakrabinya.

Maka bagaimana pun juga guru harus berupaya agar bisa "ngigelan" zaman. Karena yang dihadapi adalah masyarakat informasional maka cara menghadapinya pun tidak lepas dari fenomena pendidikan abad 21 yang mesti bersinergi dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 

Walaupun demikian saya berhusnudzon bahwa sebahagian besar para guru tidak hanya bisa mengajar. Tetapi mereka juga merupakan pembelajar sejati. Karena hanya dengan bermental pembelajar sejati lah tantangan dunia pendidikan seperti apa pun akan mudah diatasi. Diantaranya guru harus sejak dini berkenalan dan mempraktekkan kegiatan pembelajarannya berbasis teknologi kekinian. Dan ilmu seperti ini sudah tersebar di dunia cyber. Salah satunya dengan memanfaatkan google.

Nah dalam kesempatan ini saya akan mencoba sharing bagaimana caranya membuat soal online menggunakan google drive. Untuk itu saya sudah siapkan panduannya dalam bentuk pdf silakan di sini Klik DOWNLOAD Dan bagi Anda yang melihat tutorial ini dalam bentuk video di youtube saya persilakan untuk melihatnya di sini: Video Tutorial Cara Membuat Soal Online . 

Demikian sharing ilmu sederhana ini semoga bermanfaat
Previous
Next Post »