Hijrah Ke Madinah Al-Munawwaroh

Masjid Nabawi di Madinah
Ketika beratnya siksaan dari kafir Quraisy terhadap kaum muslimin di Makkah, Rasulullah Saw berhijrah ke Madinah. Beliau hijrah bersama sahabatnya yaitu Abu Bakar RA. Keduanya mengendarai unta dengan cepat.

Orang-orang kafir Quraisy bersepakat untuk membunuh Rasulullah Saw. Maka mereka mencarinya di padang pasir. Sementara Rasulullah dan Abu Bakar masuk ke dalam Gua Tsur. Abu Bakar khawatir kalau orang kafir akan menemukan mereka berdua. Lantas Rasulullah menenangkannya dengan ucapan, "La tahzan, innalloha ma'ana, jangan bersedih, sesungguhnya ada Allah bersama kita".

Singkat cerita Rasulullah Saw sampai ke Madinah dengan selamat. Maka penduduk madinah menyambutnya dengan nasyid-nasyid kegembiraan. Penduduk Madinah berkata kepada kaum muhajirin, "Kami adalah keluarga kalian dan penolong kalian". Kemudian Rasulullah bersabda kepada kaum muhajirin dan anshor, "Innamal mu'minuna ikhwatun, sesungguhnya orang beriman itu bersaudara".

Orang Muhajirin dan Anshor saling bersaudara. Maka Madinah menjadi tanah air bagi kaum muhajirin. Dan kaum muhajirin dan anshor saling bekerjasama dalam harta dan perniagaan.

Di Madinah, Rasulullah Saw membangun masjid untuk kaum muslimin. Dari masjid tersebut berkumandanglah suara muadzin yang melengking tinggi dengan ucapan, "ALLOHU AKBAR, ALLOHU AKBAR..." Dari Madinah inilah titik tolak cahaya islam hingga sampai ke berbagai negeri yang jauh. Maka berkembanglah agama Islam ke seluruh dunia.

Hijrah merupakan peristiwa penting dalam sejarah kaum muslimin. Oleh karena itu kaum muslimin menjadikan hari ini sebagai permulaan kalender hijriyah. Sedangkan orang yang pertama kali membuat kalender hijriyah adalah Khalifah Umar bin Khattab ra.

Di sana terdapat banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah hijrah ini. diantaranya: persaudaraan sesama musliim, pengorbanan di jalan dakwah, berpegang teguh pada agama Allah,  pengembangan dakwah Islam ke segala penjuru, cita-cita dan keteguhan hati terhaadap pertolongan Allah Swr.

[Catatan ini adalah terjemahan bebas dari materi pelajaran bahasa Arab kelas IX semester 1 tentang Tahun Baru Hijriyah]

Dan bagi siswa kelas IX MTsN 12 Kuningan, berikut bapak sajikan link soalnya. KLIK saja ini: =>> SOAL ULANGAN HARIAN BAHASA ARAB yang bisa kalian kerjakan melalui smarphone.

Adapun persyaratan sebelum mengerjakan soal tersebut, kalian harus mengisi kolom:
  1. NAMA LENGKAP
  2. NISN
  3. EMAIL
  4. KELAS
Selamat mencoba, semoga sukses!
Latest
Previous
Next Post »