Seberapa Pentingkah Memanfaatkan Waktu ?

Bagaikan berjalan di garis lurus. Waktu terus bergulir. Dan berlalu begitu saja tanpa bisa kembali ke titik awal. Di sekolah kami, tiap pergantian waktu (jam belajar) ada pembiasaan positif, yaitu muroja'ah hafalan surat pendek. Ketika bel berbunyi, "Al-An alhishotul ula..." maka setelah Bapak/Ibu guru masuk kelas, siswa serempak berdo'a dan muroja'ah. Suasana seperti ini merupakan salah satu hal yang "ngangenin", kata beberapa alumni yang sempat curhat kepada saya. Pertanyaan saya adakah pembiasaan muroja'ah di sekolahmu seperti di sekolah kami?

Salah satu surat pendek yang terkenal adalah Al-Ashr yang bermakna waktu. Bukan sebatas waktu ashar melainkan waktu yang kita lalui setiap detik. Dalam surat ini Allah bersumpah demi salah satu makhluk ciptaan-Nya yaitu waktu. Dan ketika Allah bersumpah dengan suatu ciptaan-Nya, menunjukkan bahwa hal itu sangat penting untuk kita pelajari hikmah apa dibalik makhluk Allah tersebut. Dalam hal ini waktu memiliki arti penting dalam kehidupan kita. Apalagi kalau dikaitkan dengan ayat selanjutnya.

Setelah ayat pertama berbunyi Wal'ashri, demi waktu yang selalu kita lalui. Dan ayat berikutnya innal insaana lafi khusrin. Sesungguhnya setiap manusia berpotensi untuk mengalami kerugian. Ayat ini diawali dengan kata inna. Di dalam bahasa Arab kata Inna ini disebut harfu taukidi wannashbi. Huruf taukid adalah huruf yang berfungsi untuk menguatkan, menegaskan, dan menancapkan suatu makna. Jadi, pesan Allah sangat serius menegaskan bahwa sesungguhnya kita akan merugi kecuali memiliki tiga hal yaitu, iman, amal sholeh dan saling berswasiat dalam kebenaran dan kesabaran.

Nah dalam pelajaran bahasa Arab kelas delapan ada tema yang erat kaitannya dengan waktu. yaitu Assa'ah artinya jam. Jam merupakan alat penunjuk waktu yang biasa digunakan oleh manusia jaman sekarang. Dalam beberapa literatur disebutkan bahwa penemu jam ini bernama Peter Henlein. Maka sejak ditemukannya jam hingga saat ini banyak mengalami perkembangan.

Dalam pelajaran bahasa Arab bertema jam ada beberapa poin pertanyaan penting yang berkaitan dengan jam. Diantaranya:

  1. Jam berapa sekarang?
  2. Pada jam berapa...? (kamu pergi ke sekolah, kamu sarapan, dll)
  3. Berapa jam...? (perjalanan kamu dari rumah ke sekolah, dll)
  4. Di mana jam?
  5. Apakah kamu punya jam? dan pertanyaan lainnya.
Dan dalam kesempatan ini kami sajikan soal online bahasa Arab Kelas 8 untuk materi JAM. Berikut ini link soalnya:
Silakan Klik 👉 Soal Ulangan online tentang Jam dan mengerjakan!

Bagi anda para siswa, tentu sudah mendapatkan pembelajaran lebih lanjut tentang jam ini. Namun demikian untuk mengingat kembali, dalam tulisan ini akan disematkan pula buku mata pelajaran bahasa Arab khusus materi Jam. Silakan anda cek dan baca di sini: 👇👇👇

Previous
Next Post »