Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Materi Bahasa Arab Kelas 7 Bab 2 Kegiatan 1 Fasilitas Madrasah

 Bismillahirrahmanirrahim

Kaifa halukum, bagaimana kabar kalian hari ini? Mudah-mudahan selalu sehat. Amin. Alhamdulillah kita bisa belajar bersama lagi meskipun dalam kondisi berjauhan. Semoga kalian tetap semangat. Baiklah anak-anakku pada pertemuan kali ini kita akan belajar Addarsu Tsani, Bab 2 dengan judul Al-Marafiq Al-Madrasiyyah atau fasilitas sekolah.

Cover Bab 2 Bahasa Arab Kelas 7

Hari ini kita akan mempelajari materi tersebut dalam kegiatan pertama. Perhatikan gambar di bawah ini:

Mufrodat atau kosa kata

Penjelasan:

Almufrodat artinya kosa kata. Perhatikan dan bacalah kosa kata tersebut dengan benar. Alkalimat artinya kata, sedangkan Al-mar'na sama dengan artinya. Jika kalian sering membacanya insyaaAllah kosa kata yang ada pada tabel akan hafal dengan sendirinya. Dan alangkah lebih baik kalau dihafalkan setiap hari. Selanjutnya perhatikan gambar di bawah ini:

Lanjutan Mufrodat dan Haraf Jar

Penjelasan: Pada gambar ini kita belajar tentang haraf jar diantaranya MIN=dari, ILA=ke, 'AN=dari/tentang dan 'ALA=di atas (menempel) dan seterusnya. Sebuah kata benda (isim) jika didahului oleh haraf jar umumnya akan berbunyi kasrah ujungnya. Contoh di atas ANA MINAL MADROSATI. Pada kata MADROSATI harus berbunyi kasroh (TI) tidak boleh fathah atawa dhomah. Mari kita lanjutkan pelajaran berikutnya berdasarkan gambar berikut:


Selain Haraf jar kita juga belajar Dharaf Makan atasu kata keterangan tempat seperti tabel di atas.

Lalu kita lanjutkan pelajaran berikutinya:



Penjelasan:

Gambar ini menunjukkan latihan 1 dan 2. Petunjuk untuk kedua latihan ini sama saja yaitu ISILAH TITIK-TITIK DENGAN MAKNA YANG SESUAI (TERJEMAHKAN)! Silakan coba dikerjakan di buku tulis kalian masing-masing! Gampang khan? Yuk kita lanjutkan lagi materinya!


Penjelasan:

Untuk latihan ke-3 ini petunjuknya adalah TENTUKAN LAWAN KATA (ANTONIM) DARI KATA BERIKUT INI! Sebagai bocoran nomor 1 bapak bantu jawab. Kaslan artinya malas, maka antonim dari kata malas yaitu rajin. rajin bahasa arabnya nasyith. Coba kerjakan nomor 2 dan seterusnya!

Mari kita lanjutkan penjelasan latihan berikutnya:


Penjelasan:

Latihan 4 instruksinya sama dengan latihan 1 dan 2 yaitu isilah titik-titik dengan makna yang sesuai. Selanjutnya kita disuguhi dengan nash (teks) bacaan yang berjudul madrasati (sekolahku). Mari kita baca bersama-sama  teks berikut ini:


Dan untuk mendapatkan materi Bahasa Arab kelas 7 bab 2 kegiatan 1 ini, sekarang juga di sini bisa anda DOWNLOAD ya. Selamat belajar semoga bermanfaat. Amin

Posting Komentar untuk "Penjelasan Materi Bahasa Arab Kelas 7 Bab 2 Kegiatan 1 Fasilitas Madrasah "