Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resmi! Pelatihan Kurikulum Merdeka Diadakan oleh Kemenag


Dalam sebuah webinar dikatakan bahwa Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran yang beragam. Kurikulum Merdeka berfokus pada konten-konten yang essensial. Kurikulum Merdeka merupakan upaya Kemdikbudristek dalam merespons hasil studi nasional maupun internasional yang menunjukkan bahwa Indonesia telah mengalami krisis pembelajaran yang cukup lama.

Kurikulum Merdeka tersebut memiliki beberapa keunggulan diantaranya: lebih sederhana dan mendalam karena fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. Lebih Merdeka karena guru dapat mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik. Serta lebih relevan dan interaktif, karena pembelajaran melaluli kegiatan projek memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual misalnya isu kesehatan, lingkungan dan lainnya.

Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di tataran madrasah berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Diantara poin penting yang bisa kami simpulkan untuk MTs bisa melaksanakan kurikulum tersebut secara bertahap misalnya tahun ini khusus diberlakukan bagi kelas VII. Akan tetapi, dikembalikan pada kesiapan setiap madrasah. Sehingga belum semua Madrasah bisa mengaplikasikan kurikulum merdeka untuk tahun ini.



Mengingat masih banyaknya insan madrasah yang membutuhkan literasi tentang kurikulum merdeka, maka Kementerian Agama melalui Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama bersama Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah menyelenggarakan Pelatihan Kurikulum Merdeka bagi guru madrasah, PNS maupun Non PNS. Info resmi tersebut bisa anda cek di sini: info pelatihan kurikulum merdeka kemenag

Posting Komentar untuk "Resmi! Pelatihan Kurikulum Merdeka Diadakan oleh Kemenag"